Sabtu, 13 November 2010

"DEFINISI,GENERASI DAN BAGIAN-BAGIAN DARI KOMPUTER"

Definisi Komputer

Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to Computer).

Beberapa definisi tentang komputer :

1.Menurut buku computer Annual (Robert H.Blissmer).
Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
 Menerima input.
 Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
 Menyimpan perintah-perintah hasil dari pengolahan.
 Menyediakanoutput dalam bentuk informasi.

2.Menurut buku introduction to the computer, the tool of business (William M.Fuori).
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termauk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu Program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja secara otomatis

Generasi-generasi komputer dan ciri-cirinya.

1. Komputer generasi pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “ bahasa mesin “ (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri-cirinya adalah :
 Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacumm tube) untuk sirkuitnya.
 Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (mechanice language).
 Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.

2. Komputer generasi kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televise, radio, dan komputer. Akibatnya ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastic. Transistor mulai digunakan didalam komputer pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua lebih cepat, lebih kecil, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi disbanding generasi sebelumnya.

Ciri-cirinya adalah :
 Komponen yang digunakan adalah transistor untuk sirkuitnya
 Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
 Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentu removable disk atau disk pack.

3. Komputer generasi ketiga (1964-1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Ciri-cirinya adalah :
 Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit).
 Peningkatan dari softwarenya.
 Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random acces.

4. Komputer generasi keempat (1970-1980)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponenelektrik. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU : IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (serial dari CPU buatan intel). Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer ditempat kerja dan seiring bertambah kuatnya suatu komputer kecil , komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi dan dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Ciri-cirinya adalah :
 Komponen yang digunakan adalah CHIP dan microprosesor.
 Semua kemampuan lebih baik dari generasi sebelum-sebelumnya.

5. Komputer Generasi kelima (1980-sekarang)
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekrja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Ciri-cirinya adalah :
 Komputer system window dan menggunakan mouse pada personal computer (PC).

6. Komputer Generasi keenam ( Masa Depan)
Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer menyakini suatu saat tercita apa yang disebut Biochip yang dibuat dari bahan protein sintetis.

Ciri-cirinya adalah :
 Lebih canggih dan murah.
 Memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara dan berfikir.
 Mampu membuat kesimpulan.

Bagian-bagian komputer

1. Hardware (Perangkat Keras)
adalah komponen-komponen komputer yang secara phisik dapat dilihat dan berbentuk benda (peralatan). Yang termasuk hardware seperti Motherboard,prosessor, RAM, Hardisk, VGA dan lain-lain. Komponen-komponen ini dipasang pada tempat-tempat dan jalur-jalur yang sudah ditentukan.

2. Software (Perangkat Lunak)
adalah program komputer yang berisi instruksi-instruksi untuk melakukan operasi tertentu pada komputer. Instruksi-instruksi dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman mulai yang bahasa tingkat rendah hingga tinggi. Yang termasuk software ini adalah Sistem Operasi (Operating System) dan program-program aplikasi yang digunakan dalam komputer. Biasanya program dasar dari komputer disimpan dalam memori (ROM dan RAM) sedangkan Sistem Operasi dan program aplikasi disimpan pada hardisk.

3. Brainware
adalah manusia itu sendiri yang bertugas sebagai operator pada sebuah sistem komputer. Peranan manusia sebagai operator sangat penting sebab sebuah mesin tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia yang mengendalikannya.

Ketiga elemen diatas harus saling berhubungan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan. Hardware tidak akan berfungsi bilamana tidak ada software yang menggerakkannya. Begitupula software tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak ada hardware. Agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang diharapkan maka harus ada brainware atau manusia yang mengoperasikannya. Kesimpulannya ketiga elemen ini haru memiliki hubungan yang saling menguntungkan (Simbiosis Mutualisme) agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan informasi dan data yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar