Selasa, 02 April 2013

Kecerdasan Buatan (Pengantar Komputasi Modern)

Tugas kali ini adalah tugas softskill mata kuliah Pengantar Komputasi Modern. Saya akan membahas tentang Kecerdasan Buatan. Tetapi saya akan menjelaskan tentang Komputasi terlebih dahulu.

Komputasi adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Banyak implementasi kecerdasan buatan dalam bidang komputer, antara lain adalah Decision Support System (Sistem Pendukung Keputusan), Robotic, Natural Language (Bahasa Alami), Neural Network (Jaringan Saraf) dan lain-lain.

Kecerdasan Buatan (AI) adalah cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Tujuan kecerdasan buatan yang diimplementasikan dalam pengembangan sistem pakar adalah :
  1. Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang. 
  2. Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kehadiran langsung seorang pakar.
  3. Meningkatkan produktivitas kerja, yaitu bertambah efisiensi pekerjaan tertentu serta hasil solusi kerja penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
  4. Memungkinkan penggabungan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan. 
  5.  Pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar