Rabu, 09 Januari 2013

Gejala Kecanduan Obat Penghilang Rasa Sakit


7 Gejala kecanduan obat penghilang rasa sakit

Apa Anda biasa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang mengandung opiates? Obat penghilang rasa sakit biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa tak nyaman atau nyeri pada penderita arthritis, sakit kepala, orang yang mengalami kecelakaan, atau menjalani operasi.
Obat penghilang rasa sakit memang bisa bekerja dengan baik, namun juga bisa menimbulkan kecanduan jika terlalu banyak dan sering dikonsumsi. Berikut adalah beberapa tanda jika Anda telah mengalami kecanduan obat penghilang rasa sakit, seperti dilansir oleh Third Age (08/01).
1.  Menambah dosis
Semakin lama Anda semakin ingin menaikkan dosis obat penghilang rasa sakit. Jika Anda telah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu lama, waspadalah ketika memiliki keinginan seperti ini.
2.  Penyendiri
Anda menjadi lebih senang menyendiri, tidak suka berkumpul dengan teman atau keluarga. Anda mulai menghindari pertemuan dan acara sosial yang biasanya Anda sukai.
3.  Kehilangan focus
Anda mulai tak memikirkan pekerjaan, bisnis, atau hal lain yang menjadi rutinitas Anda. Setiap hari hanya obat itu saja yang ada dalam pikiran Anda.
4.  Meminta tambahan obat
Memperpanjang masa penggunaan obat ketika kondisi kesehatan sudah membaik dan tidak memerlukan obat penghilang rasa sakit lagi bisa menyebabkan kecanduan. Jika Anda ingin sekali mendapatkan resep obat penghilang rasa sakit padahal Anda sudah tidak membutuhkannya, itu adalah salah satu pertanda.
5.  Tak peduli penampilan
Anda mulai tak peduli dengan penampilan Anda, misalkan mulai jarang mandi, tidak memakai makeup, tidak membersihkan tubuh. Ini adalah salah satu tanda Anda mulai kecanduan. Tanda lainnya bisa dilihat melalui perubahan waktu makan dan tidur.
6.  Rasa sensitif meningkat
Penggunaan obat penghilang rasa sakit yang terlalu lama bisa menyebabkan reaksi emosi yang berlebihan. Anda mudah terganggu, mudah marah, dan bereaksi bahkan pada hal-hal kecil.
7.  Membantah
Ketika ada seseorang yang mengatakan Anda mungkin memiliki masalah kemudian Anda bertindak defensif dan tak mau mengakuinya, maka ini adalah pertanda bahwa ada hal yang harus dikhawatirkan.
Jika digunakan dalam takaran yang sesuai dan untuk alasan yang benar, obat penghilang rasa sakit bisa berguna dan bermanfaat untuk kesehatan. Namun penggunaan di luar itu bisa berbahaya bagi Anda.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar