Minggu, 11 November 2012

Website Perusahaan yang Mendukung E-Health yaitu Website Kimia Farma

     Pada Tugas Softskill Pengantar Bisnis Informatika yang ke-2, saya akan membahas tentang Website Perusahaan (baik besar maupun kecil) tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mendukung perekonomian Nasional. Saya akan menjelaskan tentang Website Perusahaan TIK yang cukup membangun perekonomian Nasional yaitu E-Health (Bidang Kesehatan) adalah perusahaan Kimia Farma dengan alamat website http://www.kimiafarma.co.id/. Sebelum membahas website Kimia Farma saya akan menjelaskan pengertian E-Health.

     E-health adalah Pemanfaatan teknologi yang terbentuk untuk membantu dalam bidang kesehatan. selain itu masyarakat juga dapat memperoleh informasi tentang kesehatan melalui internet, tanpa harus berkonsultasi ataupun bertanya langsung kepada dokter dan pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) komputer, dengan adanya E-health layanan kesehatan dapat dilakukan oleh siapa saja.

     Secara luas E-health dapat diartikan bidang pengetahuan baru yang merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha, berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi. Dengan adanya E-health diharapkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pencegahan penyakit, serta peningkatan pelayanan dan pengurangan biaya kesehatan 

Kelebihan E-Helath 
- Dengan E-Health, masyarakat mendapatkan manfaat dari pendidikan kesehatan untuk mencegah penyakit. - E-Health memberikan informasi medical record secara akurat sehingga mengurangi medical error.
- E-Health meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mengurangi biaya kesehatan.

Kekurangan E-health
- Tenaga ahli yang masih jarang.
- Memerlukan jaringan yang baik.
- Masyarakat banyak yang belum mengerti tentang internet.

Tampilan Web Kimia Farma

       Cikal-bakal Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Nama perusahaan ini pada awalnya adalah NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co. Berdasarkan kebijaksanaan nasionalisasi atas eks perusahaan Belanda di masa awal kemerdekaan, pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma. Kemudian pada tanggal 16 Agustus 1971, bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

         Pada tanggal 4 Juli 2001, PT Kimia Farma (Persero) kembali mengubah statusnya menjadi perusahaan publik—PT Kimia Farma (Persero) Tbk, dalam penulisan berikutnya disebut Perseroan. Bersamaan dengan perubahan tersebut, Perseroan telah dicatatkan pada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (sekarang kedua bursa telah merger dan kini bernama Bursa Efek Indonesia). Berbekal pengalaman selama puluhan tahun, Perseroan telah berkembang menjadi perusahaan dengan pelayanan kesehatan terintegrasi di Indonesia. Perseroan kian diperhitungkan kiprahnya dalam pengembangan dan pembangunan bangsa, khususnya pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia.


     Pada halaman utama website Kimia Farma berisi Berita Korporat yang terbaru, yaitu mengenai kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Kimia Farma seperti “Pengumuman Pengadaan Konsultan Dalam Rangka Restrukturisasi BUMN Farmasi” pada tanggal 06 Agustus 2012.

    Di dalam website Kimia Farma terdapat berbagai Tab Menu yang dijadikan sebagai informasi bagi pembaca website tersebut.

1. Menu Tentang Kami 


Menu ini berisi beberapa informasi tambahan mengenai Profil Perusahaan (Sejarah dan Profil Manajemen dari Masa ke Masa), Pengantar dari Manajemen, Visi Misi, Kepengurusan Perusahaan (Dewan Komisaris dan Dewan Direksi) dan Ruang Lingkup Usaha (Holding dan Anak Perusahaan).

2. Menu Hubungan 


Menu ini berisi beberapa informasi tambahan mengenai Laporan Tahunan, Laporan Triwulan, Indikator-indikator Penting dan Informasi Pemegang Saham.

3. Menu Portofolio Bisnis


Menu ini berisi beberapa informasi tambahan mengenai Industri Farmasi (Pabrik, Pemasaran dan Riset & Pengembangan), Distribusi Perdagangan, Apotek dan Perdagangan Internasional.

4. Menu Produk


Menu ini berisi beberapa informasi tambahan mengenai CHP, Ethical, Generik dan Lainnya.

5. Menu Informasi

Menu ini berisi beberapa informasi tambahan mengenai Berita Corporate, Links, Layanan Informasi, Karir dan Info CSR.

6. Menu Hubungi Kami

Menu ini berisi layanan jika masyarakat kurang memahami website ini.

Sumber :
http://www.kimiafarma.co.id/ 
http://naycleb.wordpress.com/2011/12/01/e-health/
http://acujiat.wordpress.com/2011/12/21/pengertiankelebihankekurangan-e-learninge-govermente-healthe-sience/

1 komentar:

  1. hi kawan, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
    Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
    link studentsite.gunadarma.ac.id

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini hanum.staff.gunadarma.ac.id

    makasi :)

    BalasHapus