Senin, 09 Januari 2012

Cara konversi dari bitmap ke raster dan sebaliknya dan kesimpulan Desain Pemodelan Grafik

Tugas Softskill yang ke 3 ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara konversi dari bitmap ke raster dan dari raster ke bitmap dan kesimpulan mata kuliah Desain Pemodelan Grafik.

1. cara konversi dari bitmap ke raster

Sebagian besar gambar digital dan gambar yang Anda lihat di web adalah raster grafik image atau bitmap (.bmp). Sebuah raster grafik image hanya ditetapkan dengan kotak pixel yang diatur untuk warna tertentu. Raster grafik image tidak dapat diperbesar dengan kualitas yang masih tetap bagus. Oleh karena itu, untuk gambar yang diskala untuk resolusi yang lebih tinggi sering lebih baik menggunakan grafis vektor.
Gambar yang di render menggunakan grafis vector akan di skala dengan size yang bermacam – macam dan tetap mempertahankan kualitasnya. Ini sangat ideal untuk menangani hal-hal seperti font dan logo. Inkscape adalah sebuah vektor open source editor grafis yang dapat Anda gunakan untuk mengubah gambar raster ke gambar grafis vektor.

coba deh kalian buka http://vectormagic.com/ itu udah instant, tinggal klak klik, tapi sayang, ternyata itu berbayar, cara konversi lain bisa menggunakan aplikasi pengolah vektor, coreldraw misalnya.
caranya? dengan trace gan. pokoknya beberapa aplikasi menggunakan kata ‘trace’ untuk mengonversi bitmap ke raster, itulah kenapa proses conversinya disebut tracing.

sedangkan kalau konversi vektor ke bitmap bisa dikatakan lebih mudah, karena kebanyakan pengolah gambar vektor, bisa menyimpan file gambarnya dengan ekstensi gambar bitmap.

kelihatan kan kalo merubah ke vektor jauh lebih sulit. bahkan ada yang menjadikannya sebagai kerjaan..
tapi hebat, gambar vektor manual, itu berarti gambarnya benar benar ga akan pecah walau diperbesar segede apapun.


Disini akan menunjukkan cara menggunakan Inkscape untuk mengubah logo Inkscape di atas menjadi sebuah gambar (Scalable Vector Graphics) SVG. SVG adalah file format pada grafis vektor.

Pertama-tama Anda perlu men-download Inkscape dan menginstalnya. Ini tersedia untuk Mac OS X dan Windows, dan tentu saja dengan source, Anda bisa compile pada Linux dan platform lainnya.

Setelah Anda menginstal Inkscape, menjalankannya dan membuka gambar raster yang akan dikonversi. Dalam contoh ini akan membuka file inkscape-logo.png. Mengubahnya ke file SVG akan memungkinkan untuk dilakukannya skala pada gambar tanpa merusak kualitasnya.

Pilih gambar dengan menavigasi ke Edit> Select All dalam menu Inkscape atau dengan menekan Ctrl-A pada keyboard Anda. Lalu pergi ke Path > Trace Bitmap atau tekan Shift-Alt-B pada keyboard Anda. Dalam trace bitmap dialog, pilih Color dan pastikan bahwa Smooth tidak dicentang.

Klik tombol OK dan konversi akan segera diproses. Jangan lupa untuk disimpan dan pastikan bahwa tipe file adalah SVG.
Incoming search terms:
• cara membuat gambar raster
• cara bikin gambar raster
• trace inkscape
• merubah bitmap menjadi gambar raster
• gambar raster dan vektor
• cara raster to vector
• cara raster gambar
• cara merubah foto jadi vektor dengan menggunakan inkscape
• cara mengetahui file raster
• cara menditek raster

2. kesimpulan mata kuliah Desain Pemodelan Grafik.
* Pengertian Desain Pemodelan Grafik
kalau diterjemahkan secara harfiah desain berarti rancangan, pemodelan yang diambil dari kata model yang berarti pola (acuan, ragam) yang dapat menyatakan alat berupa model, dan grafik berarti gambar. jadi desain pemodelan grafik bisa diartikan sebagai suatu rancangan yang digunakan sebagai alat untuk membentuk gambar.
kalo diartikan seperti itu, sebenarnya desain pemodelan grafik, ga melulu harus dikomputer, di sama samakan dengan grafik computer, tau maket kan? sejenis model yang biasanya dipakai untuk miniature gedung gedung rumah rumah.

tapi dengan adanya perkembangan teknologi, dan komputerisasi desain pemodelan grafik itu juga berevolusi, model grafik dapat dibuat dengan media komputer, selain mengurangi kesalahan dan biaya yang dikeluarkan juga lebih murah dibanding membuat maketnya.

dalam grafik komputer (ilmu yang mempelajari tentang komputer, gambar,serta aplikasinya) dikenal dua jenis tipe data gambar, raster(vector) dan bitmap.
yang jelas memiliki perbedaan, kelebihan dan kekurangannya masing masing.
raster atau disebut juga gambar vector, biasa dipakai untuk membuat icon karena walau di perbesar, gambarnya ga akan melar.
berbeda dengan bitmap, yang kalo diperbesar gambarnya akan pecah.

beda tipe data, beda juga aplikasi yang mengaturnya dong.
bitmap itu mulai dari paint, adobe photoshop, dsb (biasanya yang bisa dipakai untuk mengedit foto aplikasi untuk bitmap)
sedangkan vector agak lebih elit corel draw, adobe illustrator, artworks dan masih banyak lagi
dan perbedaan paling mendasar dari kedua tipe data tersebut adalah dasar penyusunnya, bitmap disusun berdasarkan titik titik piksel, dan vector berdasarkan persamaan matematika.

Sumber:
http://gicara.com/uncategorized/mengkonversi-gambar-raster-ke-vektor.html
http://kamusbahasaindonesia.org/
http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_vektor
http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_bitmap
http://nothingwrongwithmylongblackhair.wordpress.com/
http://vectormagic.com/

1 komentar: