Minggu, 03 April 2011

SEKILAS TENTANG E-COMMERCE

Dalam tugas yang ketiga mata kuliah softskill, kali ini saya di wajibkan untuk membuat tugas tentang pengalaman e-commerce, tetapi saya belum pernah melakukan e-commerce tersebut, dengan demikian tugas yang saya buat ini saya tulis tentang penelitian e-commerce yang saya cari/search dari internet.

APA SIH PENGERTIAN DARI E-COMMERCE??

E-commerce secara umum dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling dan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver".

Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan internet untuk bisnis dengan menjual dagangannya lewat internet. pengalaman ini saya,,saya turun langsung untuk mencoba bisnis melalui internet.

Saudara saya membuka bisnis yaitu berjulan chocodot, ada yang secara online dan ada juga yang bisa belanja langsung di toko saudara saya. suatu hari saya membagikan brosur chochodot tersebut di kampus,disekolah-sekolah yang deket rumah dan jualan lewat jejaring sosial facebook.

Suatu ketika teman saya bernama desy ingin memesan coklat yang saya jual. berhubung rumah saya dan rumah desy itu jaraknya jauh,akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pengiriman melalui pos/tiki. desy membeli 8 buah coklat @15000 sebelum barang tersebut saya kirim,saya meminta desy untuk mengirim uang sebagai transaksi,saya mengirimkan no.rekening ke desy. setelah uang telah saya terima, saya langsung mengunjungi tempat untuk mengirim barang yang sudah dipesan oleh desy. kurang lebih 3 hari barang tersebut sudah diterima sama desy dalam keadaan baik.

bagii yang ingin membeli bisa membuka link berikut ini :

http://warungchocodot.blogspot.com/


KEUNTUNGAN E-COMMERCE

1. Melakukan bisnis secara online dengan mudah
2. seorang pembeli dapat menggunakan komputer pribadinya pagi/malam selama 7 hari perminggu untuk membeli hampir semua barang.
3. beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembeliannya diserver mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan sekali saja.
4. beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produk kepelanggan melalui pos khususnya menjual.
5. keuntungan lainnya adalah pengurangan biaya.
6. belanja online cukup pada satu tempat dan harga lebih murah.

KENDALA E-COMMERCE

1. penanaman modal tinggi.
2. banyak produk memerlukan sejumlah besar orang untuk membeli agar jual beli terlaksana.
3. ketidak-mampuan untuk menjual beberapa produk(contoh : barang, perhiasan biaya tinggi dan makanan yang mudah menjadi rusak, walaupun supermarket seperti www.Testo.com mengirim kerumah anada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar